IkBann

October 03, 2011

Harga Besi Turun !!!

Harga besi turun?, tak mungkin…. Yang mungkin hanya kita dapat harga besi lebih murah/miring dari harga pasar. Harga besi layaknya harga emas cenderung naik dan ini perlu kita pantau terus untuk mengetahui perkembangan harga terkadang supplier kerap memberitahukan kenaikan harga besi (supaya stock cepat habis kali ya....).
Beberapa kiat untuk mendapatkan harga besi murah (miring) yaitu :
1. Membuat list material pemakaian besi dalam satuan batang
Ini penting, untuk mendapatkan harga dari supplier kita perlu mengajukan kebutuhan besi dalam satuan batang bukan dalam satuan kilo. Untuk itu perlu kita buatkan list material semua kebutuhan besi batangan dari diameter terkecil sampai diameter terbesar dan juga untuk besi profil seperti WF, H Beam, UNP, CNP, dll. List material ini yang kita tawarkan pada supplier untuk mendapatkan harga besi. Harga besi yang dalam bentuk batang kita konversi ke kilo. Ini jadi dasar untuk kita membuat penawaran.
Dalam membuat list material ini cenderung dibuat berdasarkan urgensi proyek, misalnya untuk pekerjaan pondasi saja atau pekerjaan sloof saja sudah dibuat surat permintaan material dengan alasan kendala waktu atau juga progres yang sudah harus jalan. Dengan mengkonversi kilo ke batang adalah hal yang paling sering dilakukan. Hal ini akan berpengaruh pada kekurangan material atau juga kelebihan material. Resikonya harga murah yang diharapkan jauh dari kemungkinan. Contoh menghitung besi dalam satuan batang
2. Mensuplly seluruh kebutuhan besi

Siapkan seluruh kebutuhan besi sebelum proyek dimulai artinya cukup sekali order material untuk menghindari kemungkinan supplier menaikkan harga jika pembelian material dengan cara mencicil atau bisa saja dibuatkan MOU dengan supplier.
3. Beli di loakan/besi bekas
Untuk kebutuhan yang kurang atau kebutuhan yang perlunya sedikit misalnya perlunya tidak sampai 1 batang, maka besi bekas adalah pilihan alternatif
4. Barter antar group usaha
Mensupply besi dari sisa stock group usaha (bagi perusahaan yang mempunyai group usaha) atau juga dari rekanan sesama kontraktor untuk barter dengan material lain adalah pilihan yang patut dipertimbangkan.
5. Ganti diameter
Untuk mengganti diameter perlu kita ketahui sisa yang ada dengan kebutuhan yang akan dipakai, misalnya sisa potongan lantai besi diameter 10 sedangkan untuk diameter sengkang balok diameter 8. Jika panjang sisa potongan lantai cukup untuk panjang sengkang maka diameter 8 kita ganti dengan diameter 10.
6. Mamfaatkan Nilai Toleransi
Mamfaatkan nilai toleransi untuk panjang besi yang ditentukan, misalnya nilai toleransi adalah 2 cm jika panjang yang dibutuhkan 100 cm dengan adanya nilai toleransi 2 cm maka panjang 98 cm bisa dipakai.

Demikianlah beberapa point untuk mendapat besi murah/miring

No comments:

Post a Comment